Senin, 09 November 2015

Pembuka

Bagian awal dari Surangama Sutra ini menjelaskan tentang situasi dan latar belakang dimulainya pengajaran/khotbah Sang Buddha Gautama yang tercatat pada Surangama Sutra ini.

Alkisah pada waktu itu, Sang Buddha Gautama dan sekian banyak pengikutnya sedang berkumpul di Wihara Jetavana. Sebagian besar dari mereka sudah mencapai Arhat dan juga mereka-mereka yang sudah memiliki pemahaman yang mendalam tentang ajaran Buddha. Dipimpin oleh Manjusri, tak terhitung banyaknya Boddhisatva juga ada di sana.


Kemudian datanglah Raja Prasenajit yang sedang memperingati almarhum ayahnya, mengundang Sang Buddha bersama dengan seluruh pengikutnya untuk datang ke istananya.

Sang Buddha pun kemudian memerintahkan Manjusri untuk memimpin pada Bodhisatwa dan Arhat untuk pergi ke istana. Akan tetapi pada saat itu Ananda tidak berada di sana.

Pada saat itu Ananda sedang dalam perjalanan kembali ke wihara. Meminta derma dari satu rumah ke rumah lain tanpa memilih-milih, dengan keinginan untuk membantu setiap orang untuk mengumpulkan karma yang baik.

Alkisah dalam perjalanannya itu Ananda akhirnya sampai ke satu pelacuran di mana seorang pelacur menggunakan sihir untuk memikat Ananda. Akibat godaan itu Ananda pun sampai pada titik hendak melanggar peraturan yang menjaga kesucian hidup. Akan tetapi hal ini tidak lepas dari kewaspadaan Sang Buddha. Dalam perjalanan pulang kembali dari istana, menuju ke wihara, diikuti oleh Raja Prasenajit, para pangeran dan para tetua yang ingin mendengarkan wejangan Sang Buddha, Sang Buddha pun mengirimkan cahaya, memberikan penglihatan pada Ananda dan mengucapkan mantra yang membebaskan Ananda dari pikatan ilmu penggoda itu.

Kemudian Sang Buddha mengirimkan Manjusri untuk menjemput Ananda dan pelacur itu datang ke wihara.

Sesampainya di wihara dan melihat Sang Buddha, Ananda pun segera bersujud di kaki Sang Buddha, menangis dan menyampaikan, bahwasannya  meskipun selama ini dia sudah mendengarkan wejangan-wejangan dari Sang Buddha, namun sampai sekarang dia belum mendapatkan pencerahan akan kebenaran.

Ananda pun memohon pada Sang Buddha, agar Sang Buddha berkenan untuk mengajarkan pengetahuan pengantar dalam praktek samatha, samapatti, dan dhyanna, yang nantinya akan memimpin pada pencerahan akan kebenaran.

Pada saat itu, berkumpul juga di situ sejumlah besar Boddhisatwa, Arhat dan para praktisi, ikut mendengarkan dengan hikmat, menantikan wejangan dan pengajaran dari Sang Buddha.




Lanjut Bagian I

5 komentar:

  1. Sutra Surangama pertama kali diterjemahkan ke bahasa China oleh Paramati (thn 705), baru Guru Zen Hanshan (sekitar abad 16) memberi komentar. Baru Charles Luk kembali menerjemahkan ke bahasa Inggris berdasarkan komentar Hanshan sekitar abad 19. saya kurang setuju pemakaian pelacuran atau pelacur pada terjemahan diatas. Paramati menggunakan kata 媱舍(yáo shè)yang artinya kamar/ruangan yg indah. Hanshan mengunakan淫室(yín shì)yg artinya kamar/ruangan yg membangkitkan nafsu birahi. Kemudian Charles Luk menerjemahkan sebagai house of prostitution yg Anda terjemahkan sebagai satu pelacuran. Lagipula wanita yg ingin menggoda Ananda bukanlah pelacur (namanya Matangi http://www.buddhism-dict.net/cgi-bin/xpr-ddb.pl?q=摩登伽 ), ia adalah seorang gadis cantik anak dari seorang ibu yang menguasai ilmu sihir yg tinggi. Ibu dan anak tersebut berasal dari golongan kasta budak (kasta terendah di masa itu).

    BalasHapus
  2. Sudah tersedia terjemahan lengkap Sutra Surangama Bahasa Indonesia.
    Silakan kunjungi:

    https://surangama.wordpress.com atau
    http://www.surangama.web.id

    Untuk nonton video Sutra Surangama Bab I , silakan klik:
    https://www.youtube.com/watch?v=E1c3Z4yBvfY

    Semoga semua makhluk berbahagia!

    BalasHapus
  3. Sudah tersedia terjemahan lengkap Sutra Surangama Bahasa Indonesia.
    Silakan kunjungi:

    https://surangama.wordpress.com atau
    http://www.surangama.web.id

    Untuk nonton video Sutra Surangama Bab I , silakan klik:
    https://www.youtube.com/watch?v=E1c3Z4yBvfY

    Semoga semua makhluk berbahagia!

    BalasHapus
  4. @Heng Khun,
    Terima kasih banyak atas infonya. Terjemahan sutra surangama yang amat bagus dan lengkap.
    Saya sudah dapatkan pdf nya di : http://surangama.web.id/assets/sutra-surangama.pdf

    Yang saya temukan dari wikipedia tentang surangama sutra :
    https://en.wikipedia.org/wiki/%C5%9A%C5%ABra%E1%B9%85gama_S%C5%ABtra

    Semoga semua mahluk berbahagia ...

    BalasHapus
  5. Saya kok tidak mengerti mana sutra nya. Diawali kata apa, diakhiri kata apa .mohon petunjuk

    BalasHapus