Selasa, 10 November 2015

Bagian I.2 (part-2)

Asal mula munculnya pemutar balikan Realita (kesesatan/penyesatan).


Sang Buddha berkata: Sejak dari sebelum permulaan, semua makhluk hidup memunculkan berbagai macam kesalahan/penyesatan dikarenakan benih karma (ketidak tahuan) yang tumbuh seperti semak belukar (aksa shrub).

Itu sebabnya para pencari kebenaran gagal untuk mencapai kesadaran akan Pencerahan Yang Utama, tetapi hanya sampai pada tahap ravaka, pratyeka-buddha, heretic, dewa-dewa dan siluman (demon), semata-mata karena mereka tidak tahu dua kesalahan/kesesatan mendasar (basic inversions), dan karenanya menjalani laku yang salah seperti tidak mungkin seseorang menghasilkan makanan dengan memasak pasir, tidak peduli berapa ratus tahun sudah berlalu dalam laku.

Apa dua kesesatan (pemutar balikan) yang mendasar ini?

Ananda, kesesatan yang pertama adalah akar asal muasal, akibat yang timbul dari siklus lahir dan mati, sejak dari awal sebelum segala sesuatu bermula, akibat penyalah gunaan pikiran yang melekat, makhluk hidup salah memahami natur (sifat alami) dari dirinya sendiri.

Yang kedua adalah kemelekatan mereka pada kondisi sebab-akibat yang menutupi esensi kesadaran yang pada dasarnya terang benderang, yang pada hakikatnya adalah Pencerahan Sorgawi yang murni dan suci. Sehingga oleh karena kesalahan ini merekapun mengabaikan hakikat dasar yang terang/jernih dan berpindah menuju dan melewati alam-alam keberadaan yang khayal/semu tanpa menyadari kesia-siaan dari laku mereka.



Lanjut ke Bagian I.3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar